Daftar Merek Mobil dengan Kualitas Terbaik, Nomor Satu Genesis
New York – Perusahaan riset dan penelitian JD Power belum lama ini merilis daftar merek mobil baru berkualitas baik atau Initial Quality Study (IQS) 2018. Survei yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) ini mengukur kualitas mobil selama 90 hari sejak diterima oleh konsumen.
Ribuan konsumen yang mempunyai mobil baru dari berbagai merek dilibatkan dalam survei ini. Tujuannya untuk mengumpulkan jumlah masalah yang dialami per 100 kendaraan.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan selama berbulan-bulan ditemukan bahwa kualitas dari mobil baru mengalami peningkatan. JD Power mencatat skor rata-rata mobil baru adalah 93 per 100 kendaraan atau terjadi peningkatan empat poin dibandingkan tahun lalu sekira 97 per 100 kendaraan.
Berhubung survei yang dilakukan JD Power soal masalah kendaraan, maka semakin rendah skor yang di dapat. Itu artinya semakin tinggi kualitas mobil.
Hasil survei IQS 2018 cukup mengejutkan, bagaimana tidak posisi pertama dihuni oleh merek baru yang berada di bawah payung Hyundai Motor Co yaitu Genesis. Pabrikan mobil asal Korea Selatan (Korsel) itu meraih skor 68.
Sedangkan diposisi kedua ditempati oleh Kia dengan skor 72. Ini merupakan tahun keempat bagi Kia berada di posisi tertinggi di antara merek mobil lain. Posisi berikutnya kembali diisi oleh produsen mobil asal Korsel yaitu Hyundai.
Diberitakan paultan, ini merupakan kali pertama dalam sejarah industri otomotif di AS tiga mobil merek Korea berada di peringkat paling atas dalam survei IQS.
Masuk ke posisi empat dan lima ada Porsche dan Ford, masing-masing memperoleh skor 79 dan 81. Sementara itu lima besar di posisi terbawah ada Mitsubishi dengan skor 111.
Lalu selanjutnya Subaru punya skor 115, dan Volvo mencatatkan sebanyak 122 masalah. Sedangkan Jaguar dan Land Rover berada di posisi paling bawah. Yaitu dengan skor di masing-masing merek dengan total masalah yang dikeluhkan oleh konsumen sebanyak 148 dan 160.
Melalui survei ini pula tercatat merek-merek mobil yang mengalami perbaikan kualitas. Mazda berhasil mengurangi masalah pada mobilnya dengan skor 100 atau turun sekira 25 poin dari tahun lalu.
Perbaikan kualitas juga dilakukan oleh Mitsubishi, terbukti dari adanya penurunan poin sebanyak 20 per 100 kendaraan dibanding tahun sebelumnya. Cadillac turun 15 poin, Infiniti 15, Hyundai 14 PP100) dan Lexus berhasil menurunkan masalah pada mobil sekira 14 poin.
Kategori Kualitas Pabrik
Bukan cuma kualitas mobil, JD Power juga melakukan survei terkait kualitas mobil yang diproduksi satu pabrikan. Penilaiannya berdasarkan tingkat kecacatan mobil dan tidak berfungsinya fitur yang ada (malfungsi).
Pabrik Toyota Yoshiwara di Jepang, yang memproduksi Lexus LX dan Toyota Land Cruiser, berhasil menerima platinum pada penghargaan kualitas pabrik dengan cacat dan malfungsi paling sedikit.
Pabrik Toyota Cambridge North yang memproduksi Toyota Corolla dan pabrik Georgetown 3 yang memproduksi Lexus ES di Kanada masing-masing menerima emas pada penghargaan kualitas pabrik.
Sementara itu, pabrik Dingolfing 02 milik BMW Group di Jerman, yang memproduksi BMW Seri 6 dan BMW Seri 7, menerima penghargaan emas untuk kawasan Eropa/Afrika.
Survei JD Power IQS didasarkan pada hasil wawancara sebanyak 75.712 konsumen dan penyewa mobil model 2018 yang disurvei setelah 90 hari kepemilikan. Penelitian, yang dilakukan mulai Februari hingga Mei 2018 didasarkan pada 233 pertanyaan yang disusun dalam delapan kategori kendaraan.
Komentar
Posting Komentar